Trainer Outbound

Trainer Outbound saat ini banyak dibutuhkan dengan semakin berkembangnya kegiatan-kegiatan outbound di Indonesia. Untuk menjadi seorang trainer yang handal dibutuhkan skill, knowledge, attitude yang baik. Untuk menjadi seorang Trainer Outbound yang berhasil setidaknya harus memiliki kemampuan atau ketrampilan di bawah ini :

1.       Keterampilan menganalisis kebutuhan
Trainer andalan adalah orang yang mampu memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Semakin pandai kita menganalisis kebutuhan publik maka peluang untuk memberikan pelatihan yang efektif dan menarik akan terbuka luas.

2.       Keahlian dalam bidang yang dilatihkan
Trainer andalan adalah seorang master, ahli dalam bidang yang akan diajarkan. Kita tidak bisa hanya berbekal sekedar tahu, atau hanya mendalami keahlian secara datar. Namun kita harus benar-benar mendalalami keahlian secara mendalam. Karena dengan penguasaan dan pemahaman yang mendalam dalam bidang yang kita pilih akan menentukan kualitas pelatihan yang akan diberikan.

3.       Keahlian membangun personal branding
Trainer Andalan adalah orang yang memiliki branding kuat. Anda harus tahu bahwa trainer itu butuh kepercayaan, butuh pengakuan sebelum ia menawarkankan jasa pelatihannya kepada publik. Tanpa Branding yang kuat, maka orang-orang tidak akan percaya dengan kita. Jika tidak percaya maka maka orang-orang tidak akan menggunakan jasa pelatihan kita.

4.       Keahlian presentasi dan public speaking
Trainer andalan adalah maestro di atas panggung. Itu artinya ia piawai dalam melakukan presentasi dihadapan publik. Ia piawai dalam menyun materi presentasi, ia piawai dalam membuat media visual presentasi (slide presentasi) dan ia juga pandai membawakan presentasi. keterampilan ini akan semakin menentukan level kita sebagai seorang trainer dihadapan publik. Karena pada saat inilah kita berdiri di depan audiens, berbicara kepada mereka untuk memberikan informasi, memotivasi, mempengaruhi dan menghibur mereka. Inilah kesempatan di mana kita melatih mereka sehingga mereka benar-benar paham terhadap apa yang sudah kita berikan dan tahu dan mau menindaklajuti ide, saran yang sudah kita sampaikan.

5.       Keahlian mengkonsep materi training yang efektif dan menarik
Trainer andalan pandai menyusun kurikulum pelatihan. Apa yang akan kita berikan kepada publik harus kita persiapkan dengan baik mulai dari tujuannya, manfaat yang akan diperoleh topik-topik materi-materi yang akan kita sampaikan dan pendekatan atau metode yang akan kita gunakan.

6.       Keahlian menjual training
Trainer andalan adalah orang yang pandai menjual trainingnya dengan sukses kepada publik. Ini harus  dimulai dengan proposal penawaran yang kita berikan. Jika proposal sudah ok, kita baru memikirkan bagaimana cara promosi yang paling efektif. Apakah melalui blog, landing page, iklan facebook, atau yang lain.

7.       Keahlian dalam bepikir kreatif dan inovatif
Trainer andalan adalah orang yang kreatif dan inovatif. Mereka berpikir dengan cara yang berbeda. Mereka berpikir tidak dalam kotak tapi diluar kotak. Mereka pandai mengasah otak kanan mereka untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan beda.

Salah seorang Trainer Outbound di Indonesia yang kompeten di bidang Outbound Training adalah Phonang Wilasto yang akrab dipanggil MR PHO. Untuk anda yang sering mengikuti kegiatan Outbound di sekitar Jawa Tengah terutama Semarang, Salatiga, Ungaran, Jogja, Solo, tentu sudah tidak asing lagi dengannya


PHONANG WILASTO, ST, C.NLP adalah seorang trainer outbound training yang sudah cukup lama berkarir di bidang outbound. Diawali dari kecintaannya pada dunia alam bebas seperti hiking, mountenering, Search & Rescue, Pecinta Alam, Ormas, LSM dan kepramukaan/kepanduan dan didukung dengan hobbynya mendalami ilmu pemberdayaan diri dan pengembangan pribadi seperti NLP, hipnotherapy, coaching, dan public speaking telah menjadikannya seorang trainer, motivator, dan life coach yang handal. Pemegang Certified NLP Pactitioner dari NFNLP, Certified Master dan Trainer dari Neo NLP Society, yang juga terdaftar sebagai member IBH sekaligus certified Hypnotherapist sebuah organisasi Hipnosis terbesar di Indonesia dan belajar langsung dari presiden IBH bapak Yan Nurindra. Beliau juga mendalami Ericsonian Hypnotherapy dari bapak Asep Haerul Ghani, psikolog. Belajar publik speaking dari Ongky Hojanto dan banyak trainer-trainer nasional. Pernah menjadi salah seorang trainer pengembangan pribadi di YPI Training Center Semarang, Kaezern, OTC Salatiga, dan saat ini menjadi owner dari Jelajah Outbound Training Semarang. Info lebih banyak tentang trainer outbound ini bisa dilihat di www.phonangwilasto.com

Penulis
Team Jelajah Outbound




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.38.00



Histats